DynDNS daemon on Linux

Kemarin (11-01-2007) beli modem ADSL baru, DLink DSL-504T, sebagai pengganti modem “geblek” keluaran Linksys AM300. Gara-gara modem Linksys, koneksi jadi sangat-sangat dan sangat lelet. Kebanyakan “Request time out”, jadi putuskan beli modem baru. Lihat-lihat review modem ADSL yang “tahan banting”, akhirnya diputuskan memilih DLink DSL-504T.
Setelah ganti ke DLink, akhirnya membuahkan hasil yang diharapkan.

Tapi, kok DLink gak ada fasilitas untuk Dynamic DNS ya? Soalnya koneksi pake ADSL yang IP-nya dinamis. Susah klo mau remote jaringan, atau mau pake VPN.

Untungnya, gateway-nya pake linux (hiduppp linux!), jadi tinggal cari service untuk Dynamic DNS di
http://rpmforge.net/user/packages/ddclient/
File : ddclient-3.6.7-1.0.rh9.rf.noarch.rpm
(karena linux-nya turunan redhat, cari yang paket rpm aja)
SEDOT!

Install, kemudian edit file konfig-nya di :
/etc/ddclient/ddclient.conf

protocol=dyndns2
use=web
login=username
password=passw0rd
domainku.dyndns.org

* Pastikan Username & Password sudah ter-registrasi di DynDNS.org

Kemudian, jalankan service : /etc/init.d/ddclient start
Tunggu beberapa detik/menit, kemudian check apakah sudah bekerja dengan baik.

Check apakah domain sudah resolve.

[root@gw init.d]# host -t any domainku.dyndns.org
domainku.dyndns.org has address 125.16x.xx.xx

Jika host resolved ke IP kita, maka service sudah berjalan dengan baik.