ATI Radeon X1300 Driver on OSX86 10.4.10

Masih berhubungan dengan post sebelumnya, dimana pada post tersebut saya menyatakan bahwa untuk VGA Card PCI-E ATI Radeon X1300 pada OSX86 10.4.10 tidak dapat berjalan dengan baik, karena driver Natit (kebalikan dari kata Titan) khusus VGA ATI Radeon X1300, tidak dapat bekerja dengan baik.

Hal ini terjadi saat proses setelah booting, load driver dan akhirnya pada saat Window Login, proses akan terhenti pada saat itu (crash). Hal tersebut karena penanganan VGA ATI X1300 tidak berjalan sempurna oleh driver bawaan Kalyway. Untuk memecahkan masalahnya, silahkan ikuti langkah dibawah ini.

Pada langkah dibawah ini, pastikan anda menggunakan OSX86 dengan VGA (onboard atau VGA card) yang bekerja dengan baik (untuk sementara), sebelum memasang/menggunakan VGA Card ATI X1300 pada motherboard anda. Pada kasus dibawah ini, saya menggunakan VGA onboard (sementara) karena OSX86 yang terinstall mendeteksinya dengan baik.

1. Download driver Natit_Uni_1.0.pkg.zip

2. Dobel-klik file Natit_Uni_1.0.pkg.zip (gambar sebelah kanan) yang telah selesai di download, sehingga menghasilkan file installer bernama Natit_Uni_1.0.pkg (gambar sebelah kiri).
Icon File

3. Dobel-klik pada file installer yang bernama Natit_Uni_1.0.pkg, dan window installer tampil. Lakukan langkah instalasi dengan benar, karena proses instalasi sangat mudah.

4. Jika sudah selesai, maka instaler akan me-restart PC anda. Sebaiknya PC di-shutdown, karena VGA card ATI X1300 akan kita pasang pada motherboard. Lakukan pemasangan VGA card dengan benar dan teliti, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

5. Jika VGA card sudah terpasang, silahkan hidupkan kembali PC anda. Jika anda mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar, maka VGA card X1300 anda akan bekerja dengan baik.

Berikut ini hasil screenshot System Profiler pada OSX86.

ATI X1300

Semoga sukses!