Ini apa, pa? Oh…ini A!

Ini apa, pa? Oh…ini A!

Sambil membentuk ibu jari dan telunjuk 45 derajat dan menyatukannya kedua jari tersebut antara sisi kiri dan kanan, sehingga membentuk sebuah bidang segitiga yang dipercaya Ja’far itu adalah huruf ‘A’.

Ini cerita tentang anak pertamaku, Ja’far. Umurnya belum mencapai 3 tahun, tetapi sudah bisa menyebutkan alphabet dari A hingga Z dan numerik 1 hingga 10 dengan lancar. Suatu prestasi yang dimana anak seumurnya sangat sedikit bisa melakukan hal ini. Nice, son!

Sebenarnya, Ja’far tidak pernah kami ajari secara langsung untuk melakukan hal tersebut. Tetapi rasa ingin tahunya sangat besar untuk anak seumur Ja’far, tipe karakternya sama sekali mirip seperti aku. Durian gak akan jauh jatuh dari pohonnya, kan? Hehehe.

Keingintahuannya berawal pada umur sekitar 2,5 tahun, dimana sering sekali Ja’far menanyakan suatu karakter hurup berbentuk ‘A’, B, C dan seterusnya. Ya, kami sebagai orang tua wajib memberikan pelajaran yang berguna kelak bagi dia. Awalnya, kami belum percaya Ja’far dengan mudah mempelajari yang kami ajarkan, karena umur yang masih balita yang belum cukup umur untuk belajar hal ini. Ternyata salah, justru disaat umur segitu, ingatan anak masih sangat kuat untuk menghapal.

Hurup yang paling favorit adalah A, C, F, L, T, X dan angka favoritnya adalah 1. Alasannya, hurup dan angka tersebut sangat mudah sekali dibentuk dengan jari mungilnya. Berbeda dengan hurup B, E, S, R dan lainnya yang cukup susah untuk dibentuk dengan jarinya. Pernah suatu saat Ja’far meminta aku untuk membentuk huruf B, duh! Kebayang gimana susahnya membentuk dalam huruf besar/kapital (uppercase), kan?

Untuk saat ini, Ja’far hanya bisa mengenali huruf yang kapital/uppercase, jadi jika aku mengajarkan huruf ‘b’ yang berbentuk huruf kecil/lowercase, Ja’far langsung nyeletuk dan berkeras “bukan, pa! itu bukan ‘b’…” karena yang dia kenali adalah ‘B’ kapital, hahaha!

Kedepannya, aku ingin mengajarkan dan mengenalkan huruf dalam huruf kecil, sehingga tahu bedanya antara kapital dan non-kapital nantinya.