How to: Reset Toshiba Portege M600 CMOS

Pernah mengalami BIOS anda terproteksi dan anda lupa password-nya? Atau, laptop Portege M600 anda setelah anda nyalakan, kemudian meminta autentikasi sidik jari (fingerprint), tetapi selalu gagal setiap anda mencoba autentikasi dan akhirnya laptop tidak bisa masuk ke sistem operasi?

Ane punya tips bagaimana mencoba reset password BIOS/clear fingerprint key anda. Tetapi sebelum anda mengikuti langkah-langkah dari saya, pastikan anda sudah mengetahui resiko yang bisa terjadi pada laptop anda, seperti kehilangan jaminan garansi dan resiko lainnya.

Jika laptop anda masih dalam masa garansi toko tempat anda membeli laptop, sebaiknya klaim garansi untuk memperbaiki masalah laptop anda, karena pada tips yang ane berikan, kita perlu membuka panel penutup bagian bawah laptop anda yang dimana pada bagian panel tersebut biasanya terletak segel garansi dari toko anda membeli, jika segel rusak maka garansi tidak akan berlaku lagi. Sebaiknya stop saja niat anda jika anda ragu.

OK…bagi yang sudah mengerti poin diatas, berarti sudah tidak ada masalah lagi bagi anda soal garansi, dan akan saya lanjutkan langkah-langkahnya.

  1. Matikan laptop dan cabut baterai laptop terlebih dahulu, gunakan obeng untuk membuka sekrup pengunci cover.
  2. Setelah cover terbuka, kemudian tarik secara perlahan kabel berwarna merah-hitam yang melilit (lihat gambar dibawah), yang merupakan kabel penghubung baterai CMOS ke board laptop.
  3. Berhubung konektor baterai CMOS sangat susah untuk dicabut (karena posisi yang berada di dalam board laptop, maka kita mengakali menggunakan pushpin.
    Sediakan 2 buah pushpin (pin tekan yang biasa untuk menempelkan kertas di papan pengumuman), kemudian selipkan masing-masing pushpin pada bagian negatif dan positip baterai CMOS yang terbungkus plastik (berwarna hijau).

  4. Ambil sedikit kabel biasa (kabel serabut) dan hubungkan bagian jarum pushpin negatip ke jarum pushpin positip selama beberapa menit, sehingga terjadi short (korsleting) yang dampaknya akan me-reset konfigurasi BIOS/fingerprint.
  5. Dan terakhir, cabut masing-masing pushpin dan kembalikan baterai CMOS ke posisi awal, dan tutup cover secara perlahan dan rapi, kemudian pasang baterai utama laptop. Coba nyalakan kembali laptop anda.

Semoga sukses…