Wajah Orang Sedunia di Google…

Google gak cuman handal dalam mesin pencarian konten, gambar dan lainnya, tetapi juga mampu mencari wajah-wajah orang sedunia!

Gak percaya? Coba aja akses alamat berikut ini:
http://images.google.com/images?imgtype=face&q=site:hk
Alamat yang baru saja anda akses menampilkan wajah-wajah orang Hongkong, bukan?

Pengen tau lebih jauh semua wajah-wajah orang sedunia di Google? Sebagai contoh, seandainya anda ingin menampilkan wajah-wajah orang Jepang, ganti URL diatas yaitu site:hk menjadi site:jp (coba klik disini!).

Mari kita lihat hasil dari screenshot ane, wajah-wajah orang sedunia:

Kunci utamanya yaitu mengetahui tentang pemahaman dasar Domain Name System (DNS). Google memiliki fasilitas pencarian suatu konten berdasarkan konten suatu negara, yaitu dengan filtering based Country Code Top-Level Domain (ccTLD). Jadi, seandainya kita ingin mendapatkan konten dari negara Hongkong, maka gunakan ccTLD .hk. Untuk Indonesia gunakan .id. Jepang gunakan .jp, dan masih banyak kode ccTLD untuk banyak negara lainnya. Silahkan cari ensiklopedia ccTLD di Wikipedia.

Entah bagaimana tehnik Google mendeteksi bahwa gambar yang ia dapat itu merupakan sebuah gambar wajah. Apakah Google menerapkan pendeteksian gabungan warna kulit ataupun mencari berdasarkan filename yang mengandung kata ‘face’, ‘body’ dan lainnya, yang jelas hampir 80% (kira-kira ye…) hasil pencarian wajahnya sukses.

So, coba aja…barangkali ada wajah anda nampang di Google😀